Syarat Rukun dan Wajib Umroh

Syarat Rukun dan Wajib Umroh

Umroh adalah kunjungan ke Tanah Suci atau ke Baitullah dengan tujuan untuk lebih dekat dengan Allah SWT dengan memenuhi persyaratan tertentu yang ditetapkan oleh Hukum Syariah, dan waktu tidak dapat ditentukan kapan saja, tidak seperti seperti naik haji.

Sebelum Anda melakukan ziarah, Anda harus terlebih dahulu memahami syarat, rukun dan wajib, sehingga tidak ada lagi keraguan di saat melaksanakan umroh.

Rukun umroh merupakan rangkaian ibadah yang harus dilakukan dalam pelaksanaan umrah. Pelaksanaan umroh hanya sempurna jika semua rukun umroh sempurna. Jika salah satu rukun Umrah tidak dilakukan, Umrah tidak sah.

Syarat, Rukun dan Wajib Umroh

Syarat umroh

  • Islam
  • Baligh
  • Berakal
  • Merdeka
  • Mampu

Rukun Umroh

1. Niat Ihram
yaitu niat melakukan ibadah umroh dengan mengucapkan talbiah dan diharuskan mengenakan pakaian Ihram. Ihram ini dilakukan setelah sampai di miqot. Bagi laki-laki talbiah dibaca dengan keras sedangkan bagi wanita mengucapkannya dengan suara pelan. Selama ihram ini perbanyaklah bacaan talbiah, dzikir dan istighfar.Jika tidak diniatkan maka umroh atau hajinya maka tidak sah.

2. Tawaf

Yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali, dimana tiga putaran pertama dengan lari – lari kecil (jika mungkin), dan selanjutnya berjalan biasa. Tawaf dimulai dan berakhir di Hajar Aswad dengan menjadikan Baitullah disebelah kiri.

3. Sa’i

Sa’i adalah rukun umroh yang ke-tiga yang dilaksanakan setelah rukun pertama dan kedua yaitu Niat Ihram dan Thawaf di Masjidil Haram Makkah.

4. Tahallul

Tahallul secara harfiah artinya dihalalkan. Yakni dihalalkan bagi para jamaah umroh untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya dilarang ketika mulai melakukan ihram.

Tahallul disimbolkan/dilaksanakan dengan mencukur rambut minimal sebanyak 3 helai.

5. Tertib

Tertib artinya rukun-rukun ini harus dilakukan berurutan dimulai dari rukun umroh yang pertama hingga keempat. Kalau tidak maka umrohnya tidak sah.

Wajib Umroh

Niat Ihram di Miqat

Meninggalkan larangan selama Ihram

Larangan saat Ihram

  1. Tidak boleh memotong dan mencabut rambut, memotong kuku, menggaruk sampai kulit terkelupas atau mengeluarkan darah
  2. Tidak boleh menggunakan parfum, termasuk parfum yang ada pada sabun
  3. Tidak boleh bertengkar
  4. Tidak boleh bermesraan
  5. Tidak boleh berhubungan suami istri
  6. Tidak boleh berkata yang tidak baik, berkata porno
  7. Tidak boleh menikah atau menikahkan
  8. Tidak boleh berburu atau membantu berburu
  9. Tidak boleh membunuh binatang (kecuali mengancam jiwa), memotong atau mencabut tumbuhan dan segala hal yang mengganggu kehidupan mahluk.
  10. Tidak boleh ber make-up
  11. Pria tidak boleh memakai penutup kepala, memakai pakaian berjahit, dan tidak boleh memakai alas kaki yang menutup mata kaki
  12. Wanita tidak boleh menutup wajah dan memakai sarung tangan sehingga menutup telapak tangan

Semoga dengan artikel ini dibuat diharapkan dapat membantu menambah pengetahuan bagi yang akan berangkat umroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *